Cingkuak

Secara geografis, Pulau Cingkuak terletak pada Kanagarian IV Jurai, Kota Painan. Painan merupakan sebuah kota kecil di Sumatera Barat. Yang rata-rata penduduknya bermatapencarian sebagai nelayan, petani, serta sebagian keci sebagai pegawai negri sipil. Kota Painan juga merupakan ibukota dari Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Painan dilintasi oleh Jalan Raya Lintas Sumatera bagian Barat. Menurut sejarahnya Kota Painan, pada tahun 1523 di Painan sudah berdiri sebuah surau yang merupakan sebuah lembaga pendidikan agama di Minangkabau. Pada abad 16 ini pula, Pulau Cingkuak di Painan menjadi pelabuhan kapal international yang berjaya sebagai Pelabuhan Emas Salido. Pada tahun 1660, Belanda pernah berkeinginan untuk memindahkan kantor perwakilan mereka dari Aceh ke Kota Padang dengan alasan lokasi dan udara yang lebih baik. Namun, keinginan ini ditolak oleh penguasa Kota Padang hingga akhirnya mereka berkantor di Salido. Perjanjian Painan pada tahun 1663 yang diprakarsai oleh Groenewegen yang membuka pintu bagi Belanda untuk mendirikan loji di Kota Padang selain kantor perwakilan mereka di Tiku dan Pariaman. Dengan alasan keamaman kantor perwakilan di kota Padang dipindahkan ke pulau Cingkuak hingga pada tahun 1667 dipindahkan lagi ke Kota Padang. Bangunan itu terbakar pada tahun 1669 dan dibangun kembali.

Pada objek wisata pulau Cingkuak dapat kita lihat Benteng Portugis dan Prasasti Madame van Kempen. Pulau Cingkuak ramai dikunjungi wisatawan disamping para pelajar/mahasiswa yang melakukan kegiatan alam seperti kemping, hiking dan juga seringkali dijadikan objek penelitian setiap tahunnya oleh Balai Arkeologi yang berkedudukan di Medan.

fasilitas yang bisa dinikmati disini adalah banana boat (Rp 15.000/org), flying Fox dengan panjang lebih kurang 300 meter, sewa perahu untuk ke pulau cingkuak Rp 10.000/org pulang pergi

Bagi yang hobby berenang maka pulau cingkuak lah yan menjadi target karena disini pasirnya yang sangat putih bersih dan airnya yang sangat nyaman untuk berenang. bagi yang ingin foto pre wedding, pulau ini bisa dijadikan alternatif pilihan. Apabila semua telah puas berenang dan melakukan permainan air yang disediakan disana, maka gak ada salahnya untuk melanjutkan perjalanan ke bukit Langkisau yang gak jauh dari pantai carocok. anda akan dipuaskan dengan view yang sangat bagus dari atas bukit.disini akan kelihatan kota painan. Sambil menikmati minuman ringan ataupun cemilan dan menunggu sunset.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s